Senin, 17 Juli 2017

PERTEMUAN 9: STRES

Pendahuluan

Stres pada dasarnya merupakan realitas dalam kehidupan tidak ada individu yang tidak mengalami stres. Demikian juga dalam kehidupan organisasi setiap orang yang  menjadi  anggota  pasti mengalami  stres,  sebagian  besar  orang  menganggap bahwa  stress  hanya  akan  berdampak negative  seperti  marah-marah,  tidak  mau komunikasi, bahka sampai sabotase. Stres pada dasarnya dalam tingkat tertentu juga diperlukan  bagi  setiap  orang  sehingga  dapat  memacu  motivasi  untuk meningkatkan produktivitaskerja. 

Stres   merupakan  respon  adoptif  terhadap  suatu  situasi  yang  dirasakan  menantang atau mengancam   kesehatan  seseorang,  orang-orang  merasa  stres  karena  terlau banyak pekerjaan,ketidakpahaman terhadap pekerjaan, beban informasi yang terlalu berat, karena mengikuti perkembangan zaman.

Tujuan pembelajaran :

Tujuan pembelajaran yang akan dicapai, diharapkan mahasiswa mampu :

Memahami Stress Dan Penyebabnya.
Menjelaskan Penyebab Stres.
Menjelaskan Strategi Mengelola Stress.
Menjelaskan Dampak Stress.
Menjelaskan Mental Sehat. 

Jadi  stress  adalah  keadaan  internal  yang  bisa  disebabkan  oleh  tuntutan  fisik  atau 
lingkungan,  dan  situasi  social  yang  berpotensi  merusak  dan  tidak  terkontrol,  stres 
juga  sebagai  atau  proses  internal/eksternal  yang  mencapai  tingkat  ketegangan  fisik 
dan psikologis samapi pada batas atau melebihi kemampuan.

Pengertian stres

Keith Davis
         “Stres  adalah  suatu  kondisi  ketegangan  yang  mempengaruhi  emosi,  proses  pikiran 
dan kondisi fisik seseorang”.

Cooper
           Stres  sebagai  tanggapan  atau  proses  internal  atau  eksternal  yang  mencapai  tingkat 
ketegangan fisik dan psikologis sampai pada batas atau melebihi batas kemampuan.

Robbins
      “Stres  adalah  suatu  kondisi  dinamis  yang  di  dalamnya  seorang  individu dikonfrontasikan dengan suatu peluang, kendala, tuntutan yang dikaitkan dengan apa yang  sangat  diinginkannya  dan yang  hasilnya  dipersepsikan  sebagai  tidak  pasti  dan penting”. 

Dari  pengertian  tersebut  di  atas  bahwa  stress  menyangkut  beberapa  unsur  sebagai 
berikut :

1. Kondisi ketegangan
   Suatu  kondisi  ketegangan  yang  berlebihan  terjadi  pada  individu  sebagai konsekuensi logis         dalam melaksanakan  pekerjaan  yang  pada  gilirannya mempengaruhi  emosi  dan fisik,  kondisi        pada akhirnya  dapat  mempengaruhi produktivitas kerja.

2. Stres berkaitan dengan peluang, kendala dan tuntutan.
    Berkaitan  dengan  suatu  peluang  yang  harus  dicapai  oleh  setiap  individu  dalam organisasi,         ketika mendapat tugas baru yang menantang kari rmengalami stress. 

Tugas dan tanggungjawab baru (peluang baru juga sekaligus  merupakan tuntutan karena harus mampu melaksanakannya dan biasanya disisi lain dalam pelaksanaan terdapat berbagai kendala. Dalam menjalankan kegiatan di organisasi atau perusahaan tekanan kerja adalah hal yang biasa dan pasti terjadi di manapun organisasi dan siapapun yang menjalankanya,stres dapat berbentuk :

    a.  Berbentuk sebagai rangsangan : (sensitef dan emosional).
    b.  Berbentuk sebagai tanggapan : (keragu-raguan dan ketakutan). 

Penyebab stress
Dalam  menjalankan   kegiatan  di  dalam  organisasi,  tekanan  kerja  atau  stress  adalah hal yang biasa dan pasti terjadi dimanapun organisasi tersebut berada dan siapapun yang  menjalankannya. Stres  dapat  dikatakan  sebagai  rangsangan  atau  respon  dan tanggapan terhadap sesuatu. Beberapa hal  yang dapat menyebabkan stress antara lain:

faktor Organisasi, faktor Individual, faktor Lingkungan.

    a.   Faktor Organisasi
           - Beban kerja. 
           - Peranan dalam organisasi. 
           - Perkembangan karir.
           - Suasana lingkungan pekerjaan.
    b.   Faktor Individual
           - Situasi keluarga.
           - Persoalan ekonomi.
           - Kepribadian.
           - Kemampuan seseorang (intelektual atau fisik).
    c.   Faktor Lingkungan
           - Ketidakpastian ekonomi (kelangsungan pekerjaan).
           - Ketidakpastian politik (demo terus menerus). 
           - Perubahan teknologi.

Dampak stress dalam organisasi

Dapat dilihat dari tiga aspek yaitu :

    1.  Faktor Fisik
         Ada  sejumlah  penyakit  yang  disinyalir  karena  orang  mengalami  stress 
berkepanjangan  (penelitian  dari  aspek  medis)  di  antaranya  :  penyakit  janntung, 
tekanan  darah  tinggi,  sakit  kepala  terus  menerus,  gangguan  tidur ,  korestrol 
meningkat.

    2.  Faktor Psikis
         Antara lain meninbulkan : mudah marah, murung/frustasi, rendahnya kepercayaan, 
merasa takut, tidak  bersemangat, dan sedih ketidakpuasan dalam  bekerja,  merasa 
tegang dalam menghadapi sesuatu, dan akhirnya menunda-nunda pekerjaan.

    3.   Faktor organisasi
          Perilaku  yang  muncul  karena  stress  misalnya  :  produktivitas  kerja  menurun, 
kecelakaan  kerja  meningkat,  selalu  salah  dalam  mengambil  keputusan,  tingkat 
absensi tinggi, sabotase.

Mengelola atau mengatasi stres
Cara mengatasi atau mengurani stress dengan pendekatan sebagai berikut :

       1.  Pendekatan individual
        Dapat dilakukan antara  lain: Meningkatkan  keimanan,Manajemen waktu (mengatur waktu), berolah raga, melakukan relaksasi, menurunkan tekanan darah,dukungan social (dukungan keluarga, sahabat), kurangi atau hentikan merokok,serta mengurangi penggunaan kafein.

       2.  Pendekatan organisasional
      Manajemen melakukan antara lain : rancang ulang pekerjaan,  restrukturisasi tugas atau promosi,Job discribtion (kejelasan tugas),meningkatkan partisipasi dalam proses pengambilan keputusan, menyediakan sarana olah raga, perbaikan lingkungan fisik.

        3.  Mental sehat
Menurut Keit Davis, 1996 orang yang bermental sehat biasanya :
    1.  Merasa nyaman dengan dirinya
             a.  Tidak mudah terpengaruh.
             b.  Toleran.
             c.  Dapat menerima kelemahan diri.
             d.  Mampu menghadapi segala situasi
             e.  Mendapat kepuasan dari yang paling sederhana.
    2.  Merasa orang lain penting
             a.  Tidak egois (memeperhatikan kepentingan orang lain).
             b.  Mempunyai hubungan pribadi yang baik.
             c.  Mempercayai orang lain.
             d.  Merasa dirinya bagian dari kelompok.
             e.  Mampu memenuhi kebutuhan hidup
             f.   Menerima tanggung jawab.
             g.  Membentuk lingkungan jika mungkin, dan menyesuaikan dengan lingkungan jika perlu.
             h.  Optimis (mampu merencanakan dan tidak takut masa depan).
             i.   Menyambut pengalaman dan gagasan baru.
             j.   Memanfaatkan kemammpuan.
             k.  Realistik.
             l.   Sanggup membuat keputusan sendiri.


Daftar Pustaka

Danang Sunyoto, Burhanudin. 2011, Perilaku Organisasional, Yogyakarta, CAPS.
Khaerul Umam. 2010, Perilaku Organisasi, Bandung, Pustaka Setia.
Suharsono.  2012,  Pengetahuan  dasar  Organisasi,  Konsep-konsep  dasar,  Teori, 
Struktur dan Perilaku, Jakarta, Penerbit Universitas Atma Jaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar